Selasa, 22 Juli 2008

// // 4 comments

Exlamatory sentences (alangkah! atau betapa!)

Dalam berbahasa inggris, kita juga akan mengenal kalimat-kalimat seru yang digunakan apabila kita ingin menyatakan rasa takjub terhadap suatu benda mapun perbuatan dengan ungkapan-ungkapan diantaranya sebagai berikut,misalnya:alangkah!,ataupun 'betapa!'.Beberapa contoh dalam kalimat yang bisa kita jadikan contoh,misalnya'betapa menyenangkan nya perjalanan ini'atau'sungguh,alangkah cantiknya gadis itu'

Kalimat-kalimat yang mengungkapkan kekaguman atau ketakjuban kita terhadap sesuatu tersebut,dalam bahasa inggris sering dikatakan sebagai 'Exlamatory sentences'.Pola yang menyusun kalimat tersebut dalam bahasa inggris dapat kita nyatakan dengan pola sebagai berikut:

1.Kita akan menggunakan nya dengan 'How',apabila kata yang mengikuti 'How' tersebut adalah kata sifat,ataupun kata keterangan

2.Kita akan menggunankan 'What a',apabila kata yang mengikutinya adalah jenis kata benda tunggal

3.Kita akan menggunakan 'what'(tanpa 'a'),apabila kata yang mengikutinya adalah jenis kata benda bentuk jamak.

Nah,yang kadang masih sering ditemukan dalam dialog sehari-hari kita dalam bahasa inggris (seperti misalnya,temen-temen kuliahku dulu,dan bahkan aku sendiri masih sering salah dengan penggunaan exlamatory sentences ini),kita kadang tidak tahu kapan kita menempatakan 'how' dan terlebih lagi antara 'what' dan 'what a'.Kenyataan seperti itu, sama saja dengan 'fenomena' sebagian orang yang kadang masih berkata 'are you understand?' untuk maksud 'do you understand?'.

Dengan berpedoman pada tiga pola kalimat exklamatory sentences yang seperti aku jelaskan diatas,maka kita akan mengetahui dengan jelas dalam contoh-contoh penggunaannya sebagai berikut


1.Dalam penggunaan exlamatory sentences dengan pola atau unsur 'HOW',sepertinya akan terlihat sangat mudah,karena 'how' sepertinya adalah pola kalimat exklamatory yang sangat jamak kita gunakan dibanding dengan 'what dan what a'.Beberapa contohnya dalah sebagai berikut:
A.How exciting!(betapa menyenangkan)
B.How romantic the film is (betapa romantisnya film itu)
C.How seriously he studies(betapa seriusnya dia belajar)

2.Dalam penggunaan 'what dan what a', kita hanya perlu sedikit memperhatikan, apakah kata benda yang mengikutinya itu berbentuj tunggal atau jamak.Perhatikan contoh berikut:
A.What an exciting trip! (sungguh sebuah perjalanan yang menyenangkan!)
B.What a pretty girl she is(alangkah cantiknya gadis itu!)
C.What beautifuleyesshe has(betapa indahnya kedua mata yang dia mililki!)

Perhatikan,pada contoh yang 'A'dan 'B',kita masih menggunakan 'what a'(tahu kenapa contoh yang 'A'berganti menjadi 'what an'?pasti sudah tahu semua kenapa alasannya,kan?).Sementara pada contoh yang 'C',kita sudah tidak menggunakan 'what a' lagi,melainkan langsung menjadi what beautiful eyes she has !.Kalau teman-teman memperhatikan dengan benar-benar tiga pola kalimat exklamatory diatas,pasti tahu alasannya kenapa?.

Sampai ketemu lagi ya,bye......


4 komentar:

  1. Great lesson, Buddy. Btw, ayo mulai lebih gencar promosi untuk domain barunya. Oya, saranku biar komentarnya rame itu shoutbox dibuang aja. Hehehe...

    BalasHapus
  2. iya..kayaknya nih shoutbox dibuang aja dech...

    BalasHapus
  3. shoutboxnya jgn dbuang dong nenad. eh aku seneng bgt lho kmu kunjungi n akhrnya aku betah bljr english di blog ini. thanks dah buat aku lbh pinter.

    BalasHapus
  4. @else:sama-sama else..makasih juga atas kunjungannya..yukk ah kita sama-sama bareng belajarnya ya..

    BalasHapus