Senin, 14 Juli 2008

// // 5 comments

Est-ce que tu m'as entendu dire que je t'aime?

Menemukan 'kemandekan'dalam hal menemukan ide untuk menulis atau biasanya sering disebut juga dengan writer's block pasti pernah dialami oleh semua orang,terlebih lagi dengan kamu-kamu yang terbiasa ngeblog.Pernah kan tiba-tiba kamu ngerasa kehilangan ide soal apa yang akan kamu tulis untuk blog kamu? lain soal kalau selama ini kamu selalu terlebih dahulu membuat 'konsep' untuk postingan blog kamu.Masalahnya, bagaimana dengan orang-orang yang begitu masuk ke kontrol panel blognya dengan kepala yang tanpa 'isi' sama sekali? Kalau sedang 'beruntung',orang itu mungkin akan langsung membuat postingan baru, karena mungkin saja begitu duduk didepan komputer, eh tiba-tiba orang itu langsung mendapat 'ilham' mau nulis apa.Tapi,sebaiknya kalau mau menghemat waktu dan uang kamu (kalau kamu meng-up date blog kamu lewat warnet),sebelum otak-atik blog kamu,bikin dech konsep postingan blog kamu sebelumnya (sebelum datang ke warnet).Masalahnya apa? karena,ngga selamanya orang dengan akan mudah menemukan 'ilham' untuk postingan blog-nya.

Ngomong-ngomong soal kesulitan menemukan ide itu sendiri, beberapa hari belakangan ini, aku juga bener-bener kelimpungan saat aku sedikit susah payah mencoba berdamai dengan otak kanan ku.Tapi ini bukan soal menulis postingan buat blog,ini soal membuat ending yang 'unpredictable' untuk penulisan novelku yang sedang berusaha dirampungkan.Konon katanya,orang akan suka dengan dengan ending cerita yang 'tidak biasa'.Nah..itu dia yang sedang aku kerjakan.Masalahnya,'alat perang' ku untuk mencari ide itu sekarang sedang dipinjam sama teman.Tanpa alat itu, aku seperti ngga bisa apa-apa.Alat perang apa? sebuah tape yang selama ini beralih fungsi menjadi 'speaker' kalau aku sedang menikmati musik dari komputerku.Biasanya, kalau mau nulis postingan di blog atau nerusin nulis novel, aku 'harus ditemani'coldplay,travis,keane,muse,atau the rasmus,supaya ide dikepalaku tetap 'mengalir' dengan deras.Dan itu hukumnya WAJIB.Aku bukan tipe orang yang saat menulis harus mematikan lampu kamar,lalu yang terdengar hanya suara jangkrik diluar jendela.Aku ngga perlu suasana sehening itu, karena kalau suasana nya seperti itu, aku jadi merasa bukan seperti ditemani chris martin,tapi aku seperti merasa yang berdiri dibelakangku saat itu adalah Marilyn manson...hiyyy!.Lalu apa hubungannya dengan Est-ce que tu m'as entendu dire que je t'aime?


Ceritanya gini, setting cerita novel ku itu kan terjadi disebuah negara di Eropa,sementara ada tiga tokoh dalam novelku itu yang lahir dan besar di Marseille (prancis).Dan seorang lagi tokoh cewe yang berasal dari Russia (ini dia yang susah cari referensinya).Otomatis aku harus sedikit ngerti dengan kosa kata atau ungkapan dalam bahasa nya Nicolas Sarkozy itu (ini orang kirain masih keturunan jawa,soalnya dulu ada temen SD ku yang berasal dari cirebon namanya Sarkozy juga he..he..).Selama ini aku tahunya cuma merci,bon jour,atau tu vas bien ?.

Tadi,pas lagi searching pake google,aku ketemu sama situs yang satu ini.Terus terang saja, situs ini bikin ide dikepalaku berkaitan dengan novelku itu,bermunculan lagi,meskipun saat ini aku masih belum bisa ditemani 'alat perangku' itu.Disini kamu bisa mencari kata atau kalimat dalam bahasa inggris yang bisa kamu cari dengan lima bahasa.Contohnya gini,dikotak sebelah kiri yang bertuliskan 'enter a word',tuliskan saja misalnya 'I love you',abis itu tentukan pilihan kamu apakah kamu akan menterjemahkan kata itu kedalam bahasa spanyol,jerman,italia,prancis,atau russia (pilih english to spanish/french/italian/german/atau russian).Nanti akan ada penjelasan kata tersebut berdasarkan bahasa yang kamu pilih.Kalau kamu sebelumnya mengetikkan 'I love you',dibawah penjelasannya, akan ada link forum yang membahas seputar kata 'i love you' tersebut dalam berbagai macam 'kemungkinannya'.

Kata orang, bahasa prancis kan sering dikatakan sebagai bahasa yang paling seksi, nah kalau kamu pengen bikin 'kejutan' sama someone special kamu dengan ungkapan-ungkapan 'seksi' dalam bahasa prancis,coba dech berkunjung ke www.wordreference.com.
.Inget ya,disini,ngga cuma prancis, kamu juga bisa bisa mencari tahu 'I love you' ini dalam bahasa spanyol,jerman,Italy,dan Russia...Tapi khusus Russia, kalau kamu sebelumnya belum pernah sama sekali belajar bahasa Russia,kecil kemungkinannya kamu akan mengerti maksudnya.Karena begitu 'I love you' ini diketikan lalu di searchpake english to russian,yang muncul adalah Я люблю тебя,he..he...coba dech,gimana kita mau ngucapinnya?

Nah..aku sekarang semangat lagi nerusin ngetik novelku gara-gara situs itu.Bukannya apa-apa, aku seperti dikejar 'deadline',soalnya aku pengen banget akhir tahun ini,aku harus sudah mendapat kabar kepastian diterima atau ngga nya novel ku itu oleh penerbit.Kata gramedia sih, paling lama kurang lebih 3 bulan,kita akan mendapatkan kepastian gimana 'nasib' karya kita kalau kita kirim ke mereka.Berarti sekarang aku harus mulai ngebut nyelese'in nulis nya.O ya,sebagian dialog dalam novelku sekarang terlihat sedikit 'keren' karena ada sedikit-sedikit bahasa prancisnya,he..he..

Hampir kelupaan...ada yang tahu judul postingan diatas?kalau diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, itu artinya kurang lebih begini'bisakah kamu mendengar aku mengatakan bahwa aku mencintaimu?'ohh it's so sweet!.Alternatif lain belajar bahasa Prancis?coba dech minta diajarin sama Julia perez,he..he..

5 komentar:

  1. Voila, c'est trez bien. J'aime beaucoup ce post, mon ami. :D Ngomong2 masalah Prancis aq koq jadi inget cerpenmu yang berjudul "Adieux" dulu itu. Eh, btw suka Keane juga ya? Wah, catetin liriknya yg "Try Again" sama "Frong Prince" dong. :D

    BalasHapus
  2. Aduh, sori nambah lagi nih. Ngomong2 Rusia, koq jadi inget sama presenter TVOne yang sepertinya keturunan Rusia. Yap, siapa lagi kalau bukan Gemala Krupskaya (www.GemalaKrupskaya.com). Cantik bgt ya, Bro? :p

    BalasHapus
  3. 'adieux?'wah..sampeyan ternyata masih inget ya?..lirik 'try again and frog prince'?ntar nyusul dech,he..he..

    BalasHapus
  4. weleh2 penulis novel yak? sudah beredar di pasaran kah? sorry bertanya soalnya saya jarang baca buku apalagi novel sukanya komik :D

    BalasHapus
  5. @mochal:kayaknya tes avatar nya dah jadi tuh..lha buktinya photo sampeyan 'nongol' juga,he..he..penulis novel?ngga juga.yang lebih tepatnya,baru belajar nulis novel..tengkyu buat komen 'en kunjungannya,chal...

    BalasHapus